Toba Samosir Tapanuli

Jarar Siahaan Penulis Berita Batak

Ada Mantan Bupati Taput Jadi Gubernur Kalbar

Sudah 19 orang Bupati Taput sejak 1945. Bupati pertamanya: Cornelis Sihombing.

Tapi hampir semua data mereka tidak ada dalam arsip Pemkab Tapanuli Utara. Bukunya kini tengah disusun.

dijadwalkan terbit april nanti; blog berita; jarar siahaan

“Tak kusangka, ternyata selama ini Pemkab Taput tidak memiliki data para mantan bupati. Bahkan selembar fotonya pun tidak ada,” kata Leonardo Simanjuntak yang diwawancarai Blog Berita di Balige, Senin siang tadi.

leonardo simanjuntakLeonardo [foto di sebelah] sehari-hari bekerja sebagai wartawan di Tarutung, ibukota Kabupaten Taput. Ia berada di Balige, ibukota Kabupaten Toba Samosir, untuk mencari keluarga AV Siahaan — bekas Bupati Taput di era 1960-an.

“Masih ada tiga mantan Bupati Taput yang agak sulit kulacak keberadaan keluarganya: F Siagian, B Manurung, dan AV Siahaan,” kata Leonardo.

Dia sedang terlibat dalam proyek Pemkab Taput untuk menyusun satu buku kumpulan profil para mantan bupati di kabupaten yang terbentuk 5 Oktober 1945 itu. Pemkab menugasi dia sebagai penulis sekaligus editor buku tersebut. Dia juga turun mencari data dengan menemui anak-isteri para mantan bupati, hingga ke Medan.

Menurutnya, selama ini Pemkab Taput hanya mencatat nama-nama para mantan bupati yang jumlahnya 18 orang; bupati yang masih menjabat saat ini, Torang Lumbantobing, adalah bupati ke-19. “Hanya nama,” katanya, itupun tidak semuanya nama lengkap dan urutannya tidak pas sesuai masa jabatan. Sedangkan informasi tentang profil mereka tidak tercatat sama sekali dalam arsip Pemkab. Informasi yang tidak terekam itulah yang dicari Leonardo.

Dia menyebutkan nama ke-18 mantan bupati kepada weblog ini. Bupati pertama, pada saat Kabupaten Taput terbentuk 1945, adalah Cornelis Sihombing. Selanjutnya, “Tapi urutannya tidak pas, karena aku harus melihat catatan lagi,” adalah: Madja Purba, F Siagian, B Manurung, P Manurung, Farel Pasaribu, HF Situmorang, SM Simanjuntak, AV Siahaan, Parlagutan Simanjuntak, Elam Sibuea, MSM Sinaga, RPN Lumbantobing, Salmon Sagala, Gustav Sinaga, Lundu Panjaitan, TMH Sinaga, dan Rustam Effendi Nainggolan. Bupati terakhir, yang masih aktif sekarang, ialah Torang Lumbantobing alias Toluto.

Semua informasi soal perjalanan hidup para mantan bupati diperoleh Leonardo dari sanak-famili mereka; hampir semua mantan kepala daerah itu sudah meninggal.

Dia menyebutkan, satu di antara mereka ternyata pernah menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Barat di tahun 1953, yaitu Farel Pasaribu, setelah merampungkan tugas sebagai Bupati Taput. Namanya telah diabadikan menjadi nama jalan di Kalbar: Jalan Farel Pasaribu.

Buku profil kepala daerah yang dibiayai dengan APBD Taput ini diberi tajuk “Sosok dalam bingkai sejarah — Mengenal pemimpin pemerintahan Kabupaten Tapanuli Utara dari masa ke masa”.

Leonardo mulai aktif mencari bahan dan menulisnya sejak Desember 2007. Kini sudah selesai sekitar 80 persen, dan pada April 2008 sudah akan diterbitkan. Sebagian buku akan dibagikan secara gratis ke sekolah-sekolah. [http://www.blogberita.com]

Boleh mengutip isi artikel ini dengan syarat menyebut sumbernya http://www.blogberita.com dan membuat link-balik.

Baca artikel menarik lainnya:

About these ads

Author: Batak Toba

Demi Yesus, aku percaya Muhammad utusan Allah • Ikuti Twitter @ja_rar • Baca konten khas dan bernas di www.khas.co • Tahu nggak, menonton siaran Piala Dunia itu dosa loh menurut agama Islam. Baca di http://benar.org/do-sa

Komentar ditutup.