Toba Samosir Tapanuli

Jarar Siahaan Penulis Berita Batak

Tak Kusangka Ada Cara Ampuh Basmi Ketombe

21 Komentar

[dian sidauruk; blog berita; ternyata mudah dan murah]

Bukan dengan shampo.

Jadi dengan apa? Dian Sidauruk, pembaca Blog Berita di Bali, punya jawabannya. Ia telah membuktikannya sendiri. Selamat mencoba, dan tentu saja, risiko ditanggung sendiri. :D

ADUH, GATAL. Seluruh pinggir-pinggir tubuhnya ikut gatal juga jantungnya. Luar biasa. Bila musim kering, dari kepalanya yang kering, debu-debu bersayap beterbangan seperti kapal terbang siluman. Bila kepalanya basah kena hujan atau berkeringat ada sejenis pasta seperti tahi gigi di kepalanya. Aduh, gatal dan gatalnya bikin stress. Aduh, itu ketombe. Tolonglah hambamu itu…

Konon, pada awal mula, bibit ketombe ini turun dari langit menyerang kepala orang-orang yang dadanya dipenuhi oleh komentar-komentar miring dan nyinyir seperti mamak-mamak dengan air liur bagai darah karena kuah sirih. Alkisah, kepala mereka jarang bersih bahkan tak pernah bersih.

Mereka terlalu banyak memikirkan dan merangkai kata-kata nyinyir untuk menyerang yang lain sehingga mereka lupa bahwa mereka punya kepala yang perlu dibersihkan. Bukan hanya kepala mereka yang tidak tak kotor dipenuhi ketombe, juga hidup mereka ketombean.

Orang-orang seperti itu hajar ya Gibran! Terjang terus, terus terjang, jangan takut. Libas! Lupakan mereka setelah kau terjang. Ok, good luck!

Sekarang kita hendak membicarakan ketombe, ketombe betulan. Ini kisah nyata, kisah seorang yang ketombean. Dia perempuan, cantik, tapi betisnya sedikit besar menyerupai Maradona, nggak apa-apalah. Ke gunung dia turun, ke laut dia berteriak seperti musafir mencari obat.

Dia pesan obat dari eden tapi tak mempan. Ketombenya merajalela merambati sudut-sudut dan lekak lekuk tubuhnya dan rambatannya bertaburan di sudut mahligainya. Aduh, ketombe, sekarang jadi darang. :D

Agar tak ketombean dan darangon lagi, inilah cara dan resepnya. Ingat dan percayalah, ini ampuh, dijamin, dijamin, dijamin ampuh.

Celupkan ujung jari anda ke air, sedikit saja. Ujung jari anda yang basah sentuhkan ke deterjen bubuk. Gesek-gesekkan deterjen bubuk tadi itu ke bagian yang berketombe. Ah, sedikit perih, tapi enak. Bukankah sering yang perih itu enak penuh sensasi? Wow…. biarkan beberapa menit, mungkin 5 sampai 10 menit atau biarkan sampai tiba waktunya anda keramas.

Bila anda sedikit berani, pakailah deterjen bubuk itu sebagai pengganti sampo anda. Ingat, bikin sedikit dulu sebagai percobaan. Peringatan: Deterjen bubuk entah oleh karena apa, panas. Kenapa ya! Bagi beberapa jenis kulit, kulit orang maksud saya, bukan kulit kadal, deterjen bubuk bisa menimbulkan iritasi.. Hati-hatilah.

Aha… ini dia. Rahasia terbongkar. Yang diserang ketombe itu adalah saya. :D Tahun 9 puluhan saya diserang ketombe, bertubi-tubi. Segala jenis sampo tak mempan. Acaraku terganggu karenanya. Malam itu saya marah. Kuambil sedikit deterjen bubuk. Kusampokan.

Wah…… besoknya semua ketombe rontok berkeping-keping. Dua hari kemudian saya ulangi dengan dosis sedikit lebih banyak. Wow….. ketombe ludes. Sampai sekarang saya menggunakan deterjen bubuk sekali seminggu sebagai sampo. Preventive.

Tentang resep obat ketombe ini adalah resep betulan yang saya gunakan, manjur, manjur. Cobalah.

Outoffrecord. Legenda “ketombe” itu, katanya, dari Siahaan, Situmorang, Nasution, boru HtBarat, Nainggolan, Simanulllang, Andre, Simangunsong, Hatebe, Sinaga, Jo Tohang, boru Simanjuntak, Simanjuntak sisobur tuak, Simorangkir, Sianipar, Cak Nun, SiSimbolon, Marpaung, Sri SW, Sitohang, dll.

Eh, juga dari boru Silalahi, tapi yang boru Silalahi mantan pacarku ini bukan legendanya, tapi dialah yang menulariku, kok bisa ya! Sepuluh tahun kemudian saya tahu ini semua dari weweweblogberitadotcom pada 30oktoberduaributujuh. [http://www.blogberita.com]

Bila kau ingin, tulislah artikelmu dan kirimkan via imel, blogberita [at] gmail [dot] com; sertakan juga fotomu.

Silakan bila ingin mengutip artikel dari blog ini, dengan syarat menyebut sumber dan nama penulisnya. Bila dikutip untuk website, weblog, atau milis, maka tuliskanlah sumbernya http://www.blogberita.com dan buatkan link ke artikel bersangkutan. Bila dikutip untuk koran, majalah, bulletin, radio, televisi, dll, maka tulislah/sebutkanlah sumber kutipannya; http://www.blogberita.com.

Untuk membaca artikel-artikel Dian Sidauruk sebelumnya, klik banner kecil bertuliskan DIAN SIDAURUK di sisi kiri weblog ini.

About these ads

Penulis: Batak Toba

Demi Yesus, aku percaya Muhammad utusan Allah • Ikuti Twitter @ja_rar • Baca konten khas dan bernas di www.khas.co • Tahu nggak, menonton siaran Piala Dunia itu dosa loh menurut agama Islam. Baca di http://benar.org/do-sa

21 gagasan untuk “Tak Kusangka Ada Cara Ampuh Basmi Ketombe

  1. @BELANJA HEMAT
    Thanks atas penjelasannya. Semoga dengan penjelansan tersebut teman-teman pembaca menjadi ‘hemat belanja’ dengan memanfaatkan deterjen bubuk tak hanya untuk memcuci pakaian tetapi juga menerjang ketombe.

    @Tio Pandiangan
    Salam hangat dan doa kami untuk ito, semoga sehat walafiat di Negeri Petronas itu. Saya kira cair atau bubuk sama saja ito. Cobalah!