Toba Samosir Tapanuli

Jarar Siahaan Penulis Berita Batak

Ingin Jadi Agen Rahasia seperti 007? Melamarlah, Spionase Inggris sedang Merekrut Agen Baru

11 Komentar

[jarar siahaan; bataknews; ini berita serius lho...]

Dinas intelijen Inggris, Secret Intelligence Service [SIS] atau yang oleh publik lebih dikenal sebagai MI6, kini menerima agen baru. Lowongan pekerjaan menantang ini diiklankan di koran The Guardian hari ini.

Bukan Intel MelayuBatakNews mengutip berita berikut ini dari Antara News.
Dinas intelijen luar negeri Inggris, MI6, memasang iklan lowongan kerja yang merupakan pertama kali dalam sejarah di koran The Guardian. Dinas rahasia MI6 tidak pernah ada secara resmi dalam catatan pemerintah hingga 1994.

Dalam tahun-tahun terakhir, mereka mengubah citra dengan meluncurkan situs web dan menerima lamaran kerja secara online. Iklan di koran Guardian menjadi penanda MI6 semakin menampilkan diri dibanding masa lalu yang misterius.

Hal itu dilakukan untuk menarik lebih banyak anggota dengan beragam latar belakang. Saat ini, contohnya, hanya lima persen staf yang berasal dari etnik minoritas.

“Yang akan melamar kepada kami adalah orang yang punya tipe sama dengan mereka yang sedang mempertimbangkan diri bergabung dengan LSM,” kata kepala rekrutmen MI6, yang namanya tidak disebutkan, kepada AFP. “Mereka adalah orang yang pengalamannya benar-benar bercampur.”

Meski MI6 lebih banyak tampil di publik, namun beberapa hal tidak berubah, kata seorang pejabat MI6 yang hadir saat wawancara The Guardian dengan pelamar dan kepala rekrutmen MI6.

“Kami tetap merupakan organisasi rahasia,” kata pejabat itu. []

SIS atau lebih dikenal sebagai MI6 adalah “BIN”-nya negara Inggris yang berpusat di London dan dipimpin John Scarlett. Di mata orang awam sepertiku, SIS populer lewat akting James Bond alias 007 dalam film. SIS dibentuk pada tahun 1909. Tapi pemerintah Inggris selama hampir satu abad terus menyangkal keberadaannya walaupun operasional lembaga itu didanai negara; ia benar-benar dijadikan misteri.

Hm …, aku kaget, kok dinas rahasia merekrut anggota secara terbuka lewat iklan di media. Kan berisiko tuh. Minimal publik jadi tahu siapa orang-orang yang tertarik dan melamar; seperti kawan kantornya atau tetangganya.

Bukankah seharusnya rekrutmen mata-mata dilakukan diam-diam seperti dalam serial terkenal Alias atau film Al Pacino, The Recruit? Atau jangan-jangan ini hanya taktik untuk ….

Ah, namanya juga lembaga spionase, strateginya penuh muslihat. Dan yang pasti, agen-agen SIS seperti diperankan James Bond bukanlah sekelas “intel melayu”. Agen di negeri barat sana bisa mencium sesuatu sebelum terjadi; tapi sebaliknya, intel melayu baru bisa mencium bau darah atau kepulan asap setelah seseorang mati atau bom meledak. Kabur ah …, takut dikejar intel melayu. []

About these ads

Author: Batak Toba

Demi Yesus, aku percaya Muhammad utusan Allah • Ikuti Twitter @ja_rar • Baca konten khas dan bernas di www.khas.co • Tahu nggak, menonton siaran Piala Dunia itu dosa loh menurut agama Islam. Baca di http://benar.org/do-sa

11 thoughts on “Ingin Jadi Agen Rahasia seperti 007? Melamarlah, Spionase Inggris sedang Merekrut Agen Baru

  1. Rahasia kok buka lowongan di koran? hehehehe

    (bang jarar, ikuti poolingku tentang blogging dan calon gubsu di http://www.altratimuri.wordpress.com
    Thanks…

  2. He…. he…… heee…… intel Melayu nih yeee……

  3. Sebenarnya klo secara jujur seh, kyknya gak ada deh orang yang gak tertarik untuk mencoba melamar ke lowongan itu, tapi terkadang karena keterbatasan kemampuan menjadikan seseorang enggan untuk mencoba mengisi lowongan itu. Bagaimana tidak, baru akan melamar, kita langsung terbayang kehebatan sang agen Inggris yang sangat terkenal bernama James Bond atau yang sering di sebut bossnya M dengan sebutan 007.
    Tapi klo aku seh, enggan bukan karena tidak mampu, tapi enggan karena di markas MI6 udah gak ada Q sang jenius yang menciptakan semua alat-alat canggih bagi kelengkapan tugas para agennya. (pemeran) Q Meninggal 3 tahun yang lalu tepat setelah berakhirnya kontrak Pierce Brosnan sebagai pemeran James Bond. Itulah sebabnya aku enggan menanggapi lowongan tersebut hehehe… :)) :))

  4. @ zhmee altratimuri
    pollingnya sudah kuikuti.

    @ karis
    kok ketawa? :)

    @ whitegun
    lae, aku mau nanya: ada nggak yang lebih hebat dari intel indonesia? [kita harus cinta produk buatan dalam negeri lho ....]

  5. Orang Indonesia boLeh Lamar jg ya Bang ?
    (dada saya masih merah-putih sampe saat ini so ga’mau jd antek LuarNegeri wLo gaji gede)

  6. maaf Bang… nyambungin komentar saya sebeLumnya (makLum kepotong),

    Saya pernah denger selentingan kabar bahwa katanya ada juga orang-orang Indonesia yang bekerja pada Lembaga InteLejen Asing, proses perekrutannya pastinya secara diam-diam.

    Abang punya informasinya?
    jikaLau ada, pastinya dengan senang hati saya akan membacanya, terimakasih.

    =SaLam.dr.Jogja=

  7. @ arezk
    aku setuju, kita orang indonesia jangan mau bekerja jadi intel asing, sekalipun gajinya besar.

    soal orang indonesia jadi intel asing, itu pasti ada. cuma aku tak tahu bagaimana proses rekrutmennya.

  8. Apa bener agen rahasia mau cari seorang agen, tapi masak carinya lewat koran sih? klo giti aq boleh daftar gak? gimana caranya? klo ada informasi beri tahu aq ya, soalnya aq pingin banget jadi agen rahasia!!!!!

  9. Katanya SIS bukan Intel Melayu?!tapi kenapa kok sistem rekruitmen para calon agennya di publikasikan secara terbuka kaya gini ya…??????!!! Yang namanya seorang intel sejati engga akan mungkin pernah menunjukan atau membuka bahwa jati dirinya sebagai seorang Intel kan?. Jadi bingung gini ya saya hehehehe…ya saya harap info tentang lowongan kerja jd intel SIS itu benar adanya,karena saya cukup berminat nih hehehe…tolong dikirim tentang mekanisme & prosedur pendaftarannya ya,Trims.

  10. Ping-balik: Cara membobol password email orang lain

  11. Ping-balik: Th3cnik pemBoBolan p@sword « tkj bangets